Jenis-Jenis Arduino yang Perlu Kamu Ketahui - Espana Home
News Update
Loading...

Monday, February 15, 2021

Jenis-Jenis Arduino yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Arduino

Arduino adalah jenis microcontroller yang paling populer serta banyak di gunakan orang di seluruh dunia. Di mana Arduino ini menggunakan chip AVR yang membuatnya memiliki banyak varian atau jenis yang berbeda. Arduino jugabersifat open source, sehingga memiliki perkembangan yang sangat cepat ketimbang jenis microcontroller lainnya.

Nah buat kamu yang berniat untuk belajar Arduino dan mendalaminya, maka tahap awal yang harus kamu lakukan adalah mengetahui setiap jenis dari Arduino yang ada. Hal itu agar proses pembelajaran kamu jadi lebih mudah. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis Arduino yang perlu kamu ketahui.

1.Arduino Uno

Arduino Uno merupakan jenis yang paling banyak di gunakan serta sangat di sarankan untuk di pakai oleh para pemula yang baru belajar. Selain itu Arduino Uno ini juga sering di gunakan pada kursus Arduino. Selain itu ada banyak pula referensi yang membahas Arduino Uno terutama untuk versi terbarunya yaitu R3.

Di mana pada Arduino Uno R3 ini sudah menggunakan ATMEGA328 sebagai microcontrollernya. dan memiliki 14 pin I/O digital serta 6 pin input analog.Sementara itu untuk koneksinya menggunakan USB type A to type B. Sama seperti yang di gunakan pada USB printer.

Arduino Due

Berbeda dengan jenis sebelumnya, pada Arduino Due ini tidak menggunakan chip ATMEGA, melainkan sudah menggunakan chip yang lebih tinggi lagi yakni ARM Cortex CPU. Arduino Due mempunyai 54 I/O pin digital dan 12 pin input analog. Sedangkan untuk pemogramannya sudah menggunakan USB yang biasa terdapat pada smartphone.

3.Arduino Mega

Serupa dengan Arduino Uno, Arduino Mega ini juga menggunakan koneksi USB type A to type B untuk pemogramannya. Akan tetapi Arduino Mega sudah menggunakan chip yang jauh lebih tinggi yaitu ATMEGA2560. Sementara itu untuk Pin I/O Digital dan pin input Analog tentunya lebih banyak dari jenis Arduino Uno.

4.Arduino Lenoardo

Bisa di bilang jika Arduino Leonardo ini merupakan kembaran dari Arduino Uno karena memiliki Pin I/O Digital dan pin input analog yang sama persis. Akan tetapi Arduino Leonardo ini sudah menggunakan Micro USB sebagai pemogramannya.

5.Arduino Fio

Meskipun Arduino Fio ini punya jumlah pin I/O digital dan input analog yang sama dengan Uno dan Leonardo. Akan tetapi Fio punya kelebihan yaitu Socket yang di gunakannya. Fio menggunakan socket XBee yang sangat cocok di gunakan untuk kebutuhan proyek yang berkaitan dengan wireless.

6.Arduino Lilypad

Karena memiliki bentuk lingkaran, membuat Arduino Lilypad ini bisa di pakai untuk kebutuhan projek unik. Misalnya saja untuk membuat armor iron man. Hanya saja chip yang di gunakan masih ATMEGA168 dengan 14 pin I/O digital, dan 6 pin input analog.

7.Arduino Nano

Sesuai dengan namanya yaitu Nano yang punya ukuran kecil dan sederhana namun memiliki fasilitas yang banyak. Arduino Nano sudah di bekali dengan 14 pin I/O digital, dan 6 pin input analog untuk pemograman melalui micro USB. Sementara itu jumlah pinnya lebih banyak dari Uno yakni 14 Pin I/O Digital, dan 8 Pin input Analog serta memiliki dua pilihan chip yaitu ATMEGA168, atau ATMEGA328.

8.Arduino Mini

Fasilitas yang ada di Arduino Mini ini sama dengan versi Nano. Hanya saja Arduino Mini tidak di lengkapi micro USB sebagai pemogramannya dan mempunyai ukuran hanya 30 mm x 18 mm saja.

Itulah tadi jenis-jenis arduino yang perlu kamu ketahui jika ingin belajar Arduino. Sebenarnya masih ada beberapa jenis lagi, akan tetapi jenis Arduino di ataslah yang paling banyak di gunakan oleh orang-orang.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done