Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pada kondisi sekarang ini, jaga kebersihan individu sangat penting. Tentunya saat ini, kamu telah terlatih kenakan masker dan membersihkan tangan dengan cermat. Tetapi tidak boleh lupakan keutamaan jaga kebersihan mulut dan gigi , lho. Berikut beberapa panduan mengenai langkah mempertahankan kesehatan mulut dan gigi.

MENGAPA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT ITU PENTING?

Mulut kita ialah titik masuk ke aliran pencernaan dan pernafasan. Mulut sebagai rumah untuk minimal 700 spesies mikroba. Ini terhitung bakteri baik dan jahat. Menggosok gigi dan flossing dengan teratur bisa menolong jaga kebersihan mulut dan gigi. Tetapi, tanpa kebersihan mulut dan gigi yang bagus, bakteri jahat bisa mengakibatkan infeksi, seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi. Bila tidak diobati, penyakit ini bisa memengaruhi kesehatanmu keseluruhannya.

CARA MERAWAT GIGI:

1. SIKAT DENGAN BENAR.

Untuk langkah hilangkan bakteri di mulut, dokter gigimu akan merekomendasikan menggosok gigi sebagai salah satunya langkah paling simpel, tetapi paling efisien. Sikat gigimu dengan teratur sepanjang 2 menit pada pagi hari sesudah makan pagi dan pada malam hari saat sebelum tidur dengan odol berkualitas baik seperti Closeup Ever Fresh. Kandungan antibacterial mouthwashnya menolong menantang 99% kuman, sementara bahan zinc yang terdapat didalamnya menolong jaga napas masih tetap fresh sampai 12 jam.

2. GUNAKAN BENANG GIGI ATAU FLOSSING.

Kerjakan flossing sekali satu hari. Saat flossing, gunakan skema yang teratur. Mulai di atas kerjakan dari kiri ke kanan, lalu berpindah ke bawah, kerjakan dari kiri ke kanan. Dengan langkah ini tidak akan ada gigi yang terlintasi!

3. JANGAN ABAIKAN LIDAH.

Bakteri gigi bisa juga hidup di lidahmu. Salah satunya langkah hilangkan bakteri di mulut dengan menggosok lidah atau membersihkan dengan sisi belakang sikat gigi. Simak juga langkah menangani berbau mulut.

4. GANTI SIKAT GIGIMU SECARA BERKALA.

Tukar sikat gigi atau kepala sikatmu tiap 3 sampai empat bulan atau bisa lebih cepat bila kamu barusan sakit seperti terserang flu. Bila bulu-bulunya telah kedaluwarsa, sikat gigimu tidak bisa jalankan pekerjaannya dengan efisien. Menukar sikat dengan teratur menolong menahan penebaran bakteri dalam mulut.

5. JANGAN BERTUKAR SIKAT GIGI.

Baik itu dengan saudara atau teman, share sikat gigi sama orang lain bukan gagasan yang bagus. Ini bisa mengakibatkan penyebaran bakteri gigi dan virus dari pihak lain. Lihat saat simpan sikat gigi, jauhi kepala sikat gigi dari keduanya, janganlah sampai bersinggungan.

6. LAKUKAN PEMERIKSAAN GIGI SECARA TERATUR.

Tidak boleh menanti sampai kamu punyai permasalahan untuk ke dokter gigi. Tulis dalam agendamu, check gigi semestinya jadi hal yang teratur. Bukan hanya gigi akan dibikin bersih secara professional, semakin kerap kamu berkunjung dokter gigi (minimal tiap 6 bulan), kamu akan semakin bisa mengawasi kesehatan gigi dan mulutmu.

7. MAKAN DENGAN BAIK.

Supaya gigi sehat, kamu perlu makanan yang imbang dari buah, sayur, protein, fosfor dan makanan kaya kalsium. Yoghurt rendah lemak, tahu, sayur berdaun hijau gelap, sarat dengan kalsium yang menolong memperkuat gigi dan tulang. Vitamin C dapat kamu peroleh dari makan brokoli, paprika merah, dan jeruk bisa tingkatkan kesehatan gusi.

8. HINDARI CAMILAN MANIS.

Minumlah air putih yang banyak dan ngemil makanan yang mengandung air yang tinggi. Seledri (343KB PDF), wortel, atau apel condong bersihkan beberapa sisa makanan sepanjang kunyah. Ini akan menolongmu mengontrol bakteri dalam mulut.

Saat ini kamu ketahui bagaimanakah cara menjaga gigi. Sedikit perhatian dan usaha extra setiap harinya dapat buat ketidaksamaan besar untuk kesehatan gigi dan mulutmu. Turuti panduan ini, gigi sehat bakal menjadi punyamu selama-lamanya!

Post a Comment for "Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut"